-->

16# Cara Optimasi Seo On Page Blog dan Website

Menjadi seorang blogger tidak akan lepas dari istilah optimasi seo pada blog ataupun website. Seo (Search Engine Optimation) merupakan cara dan upaya yang dilakukan untuk blog agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti google, bing, atapun yahoo dan yandex.

Update teknik seo terus akan diperbarui oleh google. blog dengan postingan Optimasi seo terbaru 2020 pasti sangat berbeda jauh dengan teknik seo sebelumnya. Salah satunya adalah optimasi seo on page yang berarti optimasi yang dilakukan dihalaman tersebut. 

Optimasi Seo On Page 

Optimasi Seo On Page
Optimasi Seo On Page
Seo on page adalah praktik terbaik yang pertama harus dilakukan oleh seorang blogger dalam menerbitkan postingan / tulisan karyanya didalam blog. Jika diartikan secara sederhana, langkah seo on page merupakan upaya yang kita lakukan agar konten yang kita buat dapat dengan mudah dibaca dan dimengerti oleh pengujung. 

Tidak hanya untuk pembaca saja, melainkan optimasi seo on page ini juga akan memudahkan algoritma mesin pencari google dalam memahami konteks/tulisan yang dibahas dalam blog tersbut.

Apakah tulisan releven dengan gambar, link, serta video yang di unggahnya. justru sebaliknuya. 

Langkah-Langkah Optimasi Seo On Page

Diartikel ini, kami akan menjelaskan beberapa deretan terpenting yang harus di lakukan supaya blog yang kita kelola memiliki optimasi seo on page sehingga memiliki bobot dimata mesin pencari.

1. Optimasi Struktur Template 

Optimasi Struktur Template
Struktur Template 
dikarekan sekarang pada saat artikel ini kami terbitkan. Sangat banyak sekali blog-blog yang membagikan template gratisan yang beredar di google. Khusunya untuk pengguna blogger paltfom blogspot. 

template yang digunakan pada blog seharusnya memiliki struktur yang jelas, mudah dipahami untuk pengguna, ataupun untuk mesin pencari sekelas google.  

Untuk itu, silakan cek struktur template yang digunakan oleh template shobat basith.id melalui alat pengujian data tersetruktur milik google. Apakah benar template yang digunakan sudah memiliki optimasi struktur data. 

2. Situs User friendly (Experient)

Situs User friendly (Experient)
User Friendly 
Optimasi seo on page yang kedua adalah user friendly yang artinya mudah di pahami oleh pengguna. Ingat tujuan anda membuat blog dan artikel adalah untuk di baca manusia. Bukan untuk google.

Optimasi seo on page user frienly ini juga harus tetap dipertimbangkan. Untuk itu, silakan cek menggunakan alat pengujian Situs user friendly milik google. Apakah template anda sudah user frienly atau tidak.

Percuma kalau blog yang anda buat lolos dari berbagai alat pengujian google namun tidak memiliki user experien. Dikarenakan user experiend memiliki peran penting untuk blog anda disukai oleh pengguna

3. Optimasi Permalink Postingan 

Optimasi Permalink Postingan
Optimasi tautan 
Permalink atau yang kita kenal dengan link url postingan memiliki peran penting untuk postingan itu sendiri. Coba anda perhatikan pada semua postingan yang nongkrong di page one halaman google. 

Mereka semua menggunakan permalink postingan sederna, dan tidak terpotong. Untuk contohnya permalink yang sederhana anda akan membuat postingan (Optimasi Seo On page terbaru 2020).

Buatlah permaling dengan singkat dan tidak terpotong. Sehingga menjadi "optimasi-seo-on-page". 

Kenapa tidak ada 2020 di akhir link yang kita buat? 

Dikarenakan 2020 merupakan tahun yang sebentar lagi akan di gantikan menjadi 2021. Sehingga saat kita mengupdate artikel ditahun 2021 mendatang tidak perlu mengganti permalink postingan.

Kenapa tidak mengganti permalink postingan? Kok hanya bagian judul saja yang diganti?

Karna, jika url permalink diganti algoritma mesin pencari google akan mengindex postingan tersebut baru. 

4. Optimasi Judul Postingan 

Optimasi Judul Postingan
Judul Posntingan
Sebelum membuat postingan, carilah judul yang akan di jadikan konten. Judul merupakan penentu utama faktor artikel kita di page one halaman google.

Judul yang baik dengan dukungan konten yang berkulitas dapat menentukan pringkat postingan anda di berbagai mesin pencar seperti google, yahoo, bing. 

Yang pertama buatlah judul yang memang banyak di cari oleh pengguna di internet. Tak hanya banyak saja, melainkan juga harus menggunakan judul yang memamcing penasaran. 

Sehingga, orang yang melihat postingan kita di internet akan tertarik untuk membaca konten yang sudah anda buat. 

Untuk selengkapnya baca : Cara Riset Keyword Judul Postingan Blog 

5. Optimasi Alt Image

Optimasi Alt Image
Alt Image Blogspot
 Alt image merupakan judul / deskripsi gambar yang sudah kita unggah. Secara otomatis alt image dijadikan sebagai judul gambar saat pengguna melakukan pencarian bersadarkan gambar di mesin pencari.

Berikut langkah-langkah optimasi Alt Image pada blog : 

1. Untuk blogspot
Upload gambar > klik pada bagian gambar > Pilih pada bagian properti
Optimasi Alt Image blogspot
Alt Image 
2. Untuk wordprees 
Upload gambar > isikam alt, deskripsi dan titile gambar
Optimasi Alt Image wordprees
Alt Image Wordprees 

6. Tambahkan Video Pendukung Konten 

Jika memang memungkinkan. Silakan tambahkan video mengenai konten yang sedang anda buat.Tidak memiliki video yang bersangkutan dengan artikel yang dibut?

Coba carikan video dari youtube.
Untuk menambahkan video pada blog berikut langkah - langkahnya 

1. Untuk blogspot 
Copy link video yang ada di youtube > pilih pada bagian sematkan video > pastekan link video 

2. Untuk worsprees 
Pilih add > media > video youtube > tempelkan link video yang sudah di copy tadi 

7. Optimasi Tag Heading 

Jika diartikan secara sederhana, heding merupakan tag pemisah di antara bab pada postingan tersebut. 

Heding pada umumnya digunakan untuk judul saja. Namun, jika memang artikel yang dibuat panjang dan lebar pembahasanya heding diwajibkan untuk di gunakan.

1. Optimasi Heading blogspot
Optimasi Tag Heading
Subheading
Blogspot memiliki tag heading hanya 3 saja. 

  • Heading (merupakan atg H2)
  • Subheding tittle (merupakan tag H3) 
  • Minor Heading ( Merupakan tag H4)

Berbeda dengan tag heading yang dimiliki wordprees yakni memiliki 6 tag heading :  

2. Optimasi heading wordprees 
Wordprees memiliki tag heading tittle yang lebih banyak dibandingkan blogspot 


  • Tanjuk Heading H1 (digunakan untuk judul postingan)
  • Tanjuk Heading H2 (digunakan untuk mengulang judul postingan dengan kata tambahan)
  • Tanjuk Heading H3 ( digunakan untuk keyword turunan)
  • Tanjuk Heading H4 ( Digunakan untuk Relate Post) 
  • Tanjuk Heading H5 & H6 (jarang digunakan)
Update :
Untuk tag heading wordprees di versi terbaru yang di rilis dibulan mei sudah digantikan menjadi 4 heading saja.

Cara optimasi tag Heading pada blog :

- H1 " Tips Optimasi Seo On Page" 
- H2 " Cara Optimasi Se0 On Page Terbaru" 
- H3 " Cara Optimasi Seo On Page Pada Blog atau Website" 

8. Optimasi On Page Keyword Pada Paragraf 

Meletakan keyword pada paragraf awal juga merupakan cara yang paling ampuh untuk anda terapkan. Salah satu postingan yang saya analisa berada di page one google meripakan postingan dari niaga hoster.

Jika dilihat dari isi postigan yang ada di niaga hoster, semua fokus keyword di selipkan pada bagian paragraf awal atau paragraf dua.

Tidak hanya itu saja, ternyata dari pakar seo (Yoast Seo) pun juga berpendapat kata fokus yang muncul pada bagian paragraf awal juga sangat membantu optimasi seo on page postingan yang sudah anda buat.

Plugin yoast seo akan memberikan notifikasi merah jika postingan yang sudah anda buat tidak memiliki kata fokus keyword di awal paragraf.

9. Optimasi Tema Blog Menjadi Responsif 

Tema blog yang responsif memiliki nilai plus dari mesin pencari seperti google. dikarenakan tema yang responsif dapat dilihat dan baca dengan nyaman di berbagai platform seperti pc, laptop, gadget dan tablet. 

Salah satu contohnya template yang saya gunakan di blog basith.id ini.
Optimasi Tema Blog Menjadi Responsif
Tampilan PC / Destop 

Optimasi Tema Blog Menjadi Responsif
Mobile / Gadget 
Dengan template yang responsif seperti gambar di atas. dapat memudahkan pembaca saat berkunjung pada blog kita tanpa harus memperbesar ataupun memperkecil bagian-bagian tertentu.

10. Optimasi OutBound Link 

Merupakan cara yang masih ampuh untuk mengoptomalkan optimasi seo on page postingan yang sudah anda buat. Out bound link merupakan link keluar menuju blog orang lain. 

Memberikan outbound lini juga tidak boleh asal-asalah. tipsnya adalah berikakn outbound link rujukan artikel kepada blog - blog yang memang memiliki reputasi yang baik.

Seperti artike yang kami buat tentang Optimasi Seo On Page ini memiliki outbound link rujukan dari niagahoster.

Rugi dong pengunjung kita akan berpindah ke setus lain?

tidak juga, ingat kalau artikel anda bagus pasti ketika orang berkunjung tidak akan tertarik lagi untuk melihat link yang anda berikan. dikarenakan mereka sudah memiliki pengertian dan pemahaman dari yang anda sampaikan dan sudah tidak merasa membuutuhkan rujukan lagi.

Jadi, outbound link ini sebernarnya hanya untuk bertujuan memberi tahu algoritma google bahwasanya tulisan yang anda buat tidak asal-asalan dikarenakan memiliki rujukan kepada situs lainya yang juga membahas topik yang sama. 

11. Optimasi Internal Link 

Pasti anda tidak terasa bukan ketika membaca artikel pada postigan blog ini. secara tidak langsung kami sudah menyelipakn internal link di dalam postigan ini. 

Optimasi seo on page menggunakan internal link yang baik dengan cara memberikan postigan antar artikel yang sudah kita buat agar blog yang kita kelola memiliki Kriteria Tipe Blog Yang Disukai Google

Cobak anda perhatikan pada bagian internal link di atas paragraf ini. bahwanya saya telah melibatkan internal link postignan ini dengan postingan yang sebelumnya sudah saya buat. 

Internal link ini tujuanya seolah-olah kita mengajak orang yang berkunjung untuk membaca semua artikel yang sudah kita buat. internal link juga berfunsgi untuk menurunkan memperkecil alexarank blog dan memiliki lebih banyak tayang. 

12. Optimasi Kecepatan Blog atau Website 

Optimasi Kecepatan Blog atau Website
Optimasi Kecepatan template 
Mempercepat loading blog saat memuat konten masuk juga pada bagian ketogori optimasi seo on page untuk blog. 

Kenapa kecepatan loading blog sangat dibutuhkan untuk mendukung seo on page pada blog tersebut? dikarenakan kebanyakan orang akan merasakan jengkel ketika membuka situs yang loading blognya lama banget 

Biasanya, jika memang blog tersebut membutuhkan waktu lebih dari 5 detik untuk memuat konten. pengjung akan lebih cendrung untuk keluar dan membaca artikel dari website lain.

Jika pengjung tidak membaca artikel yang sudah kita tulisa panjang lebih dikarenakan kinerja blog yagn kita kelola lelet, itu dapat menyebabkan membengkaknya alexarank.

Sehingga, blog yang anda miliki mempunyai nilai minus dari googel dikarenakan pengjung yang muntah tadi. 

Untuk mengetahui kecepatan blog / website. shobat basi.id bisa mengjungi di alat page speed test webmaster tools.

Copy link blog anda, pastekan pada alat pegnujian kecepatan situs milik google tersebut. lihat, apakah berwarna hijau (Cukup) atau masih berwarna orange (Sedang). Jika berwarna merah silakan perbaiki.

13. Panjang Konten Yang Dibuat 

Saya sih setuju bahwasanya kepanjangan dari konten yang kita buat akan mempengaruhi kenerja postingan tersbebut.

Artikel yang panjang juga harus tetap berbobot, tidak hanya sekedar berbicara panjang lebar saja dan hanya bertele-tele disitu saja.

Dari berbagai analisa pakar seo mengatakan artikel yang bagus memiliki panjang tulisan 600 kata hinggga 1.000 kata untuk satu postingan.

Namun jika memang artikel yang akan anda bagikan memiliki pembahsan yang sempit, jangan memaksakan untuk tetap membuat artikel yang panjangya 600 kata.

Intinya, tetap utamakan kualitas konten yang pertama. selanjutnya jika memang memungkinkan buat tulisan panjajgn minimal 300 kata saja itu sudah cukup untuk optimasi seo on page.

14. Optimasi Pada Bagian Link 

Link memiliki peran banyak untuk blog itu sendiri, sampai berbagai platfom seperti blogger dan wordprees memberikan 2 pilihan bentuk backlink.

  • No Follow (Tidak merekomdasikan mesin pencari mengcrawl blog tersbut): biasanya saya gunakan link do follow ini kepada blog yang tidak memiliki reputasi baik, namun ada beberapa pembahasan yang sama
  • Do Follow (Merekomendasikan google untuk meng crawl nya ) bisanya saya berikan kepada blog yang memang memiliki reputasi baik di mesin pencari 
Gunakan 2 pilihan link tersebut untuk optimasi on page anda. jangan lupa meskipun anda menggunakan do follow link untuk tetap memberikan opsi open new tab untuk halaman yang direkomendasikan.

15. Optimasi Deskripsi Penelusuran  

Deskripsi postingan merupakan text yang akan di tampilkan dibawah judul postingan yang ada di mesin pencari.
Optimasi Deskripsi Penelusuran
Deskripsi Penelusuran
Gunakan deskripsi postingan yang bersifat memicu penasaran pengjung untuk membukanya. untuk contohnya seperti gambar yang ada di atas. 

Untuk pengguna blogspot dapat dengan mudah mengaktifkan deskripsi penelusuran ini pada bagian sebelah kanan panel blog. 
Optimasi Deskripsi Penelusuran blogspot
deskripsi penelusuran blogspot
Untuk pengguna wordprees dapat mengoptimasi deskripsi penelusuran melalui panel Yoast Seo Atau all in one seo page. 
Optimasi Deskripsi Penelusuran Wordprees
deksripsi penelusuran wordprees 

16. Optimasi Label dan Tag 

Label dan tag juga ikut serta dalam optimasi seo on page postingan yang sudah kita buat. untuk contohnya sholabt bisa lihat pada bagian positngan yang ada di page one seperti gambar yang saya lingkari merah di bawah ini. 
Optimasi Label dan Tag
Label / Kategori
Label dan tag selain memberikan optimasi seo on page juga memberikan kemudahan saat kita akan meng categorykan postingan di dalam blog. 

Cara Menambahkan label di Blogspot.
Panel kanan > Pilih Label > Isikan label > Pisahkan dengan koma (,) untuk membuat banyak label di dalamnya. 
Optimasi Label dan Tag blogspot
Label blogspot
Cara Menambahkan Label & Tag untuk pengguna wordprees 
dipanel bagian kanan > pilih kategori > centang kategori sesuai dengan postingan 
Optimasi Label dan Tag wordprees
Kategori wordpress
Scrol kebawah lagi > tambahkan juga tag 
Optimasi Label dan Tag wordprees
Tag wordprees 
Nah itulah beberapa langkah cara optimasi seo on page blog. 

Kesimpulan
Seo On Page Pada Blog sangat penting untuk anda perhatikan. inti dari seo on page ini adalah kelengkapan konten yang anda buat, bermanfaat, memiliki bobot di mata mesin pencari. 
Note :
Jangan sampai Over Head dalam menerapkan teknik-teknik diatas. dikarenakan google tidak pernah menyukai hal-hal yang berlebihan seperti memaksakan artikel yang harus panjang. dan memberikan gambar banyak yang tidak sesuai dengan pembahasan. 

16 Cara Optimasi Seo On Page Blog dan Website