9# Konsep Dasar SEO, Pengertian, Cara Kerja SEO

Konsep dasar seo blogger itu seperti apa sih?
Bagaimana cara membuat blog kita menjadi SEO dan postingan mudah ditemukan dilaman utama mesin pencari google?

Mungkin itu pertanyaan paling sering di ajukan oleh seorang pemula yang hendak akan terjun ke dunia blogging atau mau membuat website untuk bisnis online di internet.

Secara sederna manfaat dan cara kerja konsep seo dasar adalah mengoptimasi website atau blog kita agar mudah ditemukan di mesin pencari.

Sehingga jika website kita sudah teroptimasi dengan baik akan memudahkan tulisan yang sudah dibuat berada di urutan utama google yang kita kenal dengan istilah page one.

Pengertian SEO (Engine Optimization)

Pengertian, Cara Kerja SEO
Konsep Dasar SEO
SEO (Engine Optimization) adalah langkah optimasi laman website atau blog untuk mendapatkan  peringkat utama dimesin pencari seperti google, bing, yahoo, yandex dan mesin pencari lainya.

Optimasi SEO dilakukan bertujuan untuk mendatangkan banyak visitor sehingga berpotensi mendatangkan trafik organic yang bagus untuk perkembangan website atau blog tersebut.

Jika anda membangun sebuat website untuk jualan, besar kemungkinan pengunjung blog yang berdatangan akan menjadi calon pembeli dari produk yang anda jual di internet.

Dengan menerapkan teknik seo pada blog tidak hanya mendapatkan trafik yang tinggi saja melainkan juga mendapatkan pengunjung yang tepat sesuai dengan tujuan website yang anda dirikan.

Untuk bisa mendapatkan pengjung blog atau website yang tinggi dan tepat sasara, anda juga harus memahami beberapa cara kerja SEO untuk jadikan postingan berada dilaman page one google.

Baca Selengkapnya : Memahami Update Algorimat SEO Google

Cara Kerja Algoritma SEO Google

Tidak usah membahas banyak tentang algoritma SEO pada mesin pencari. Kita fokus saja pada algoritma google saja. Untuk algoritma mesin pencari yang lainya juga hampir sama dengan tips.

Mengapa kami fokus hanya pada google saja?

Karena google untuk saat ini menduduki mesin pencari utama paling pupuler diseluruh dunia. 
Presentase pengguna internet di tahun 2020 ini 90% mereka menggunakan google untuk search di internet. 

Algoritma Google terus diperbarui di setiap bulan dan tahunya untuk memberikan informasi yang relevent dengan yang dicari oleh penggunanya. 

Setidak ada 8 major update algoritma google dalam jangkat delapan tahun trakhir. 

Mau tidak mau, anda harus mengupdate tetang tehnik seo yang dilakukan pada blog atau website untuk dapat menyesuaikan agloritma yang terbaru ini.

Sebut saja contohnya : Teknik SEO Stuffing yang yang dilakukan para blogger jaman dulu.

Bagi yang belum tahu SEO Stuffing adalah memasukan keyword sebanyak-banyanya pada bagian paragram tulisan.

Namun untuk tahun 2020 ini seo stuffing sudah tidak ada effectnya sama sekali pada blog atau positingan yang sudah anda buat.

Lalu seperti apa teknik seo yang ampuh di terapkan pada blog khusunya di tahun 2020 ini? 

SEO Permalink 

URL atau peramalink pada blog menjadi sangat penting untuk identifikasi postingan di hadapan mesin pencari.

Dengan memberikan informasi permalink yang pendek dan jelas dengan keyword yang sudah anda bidik akan memudahkan mesin pencari untuk memahami artikel anda.

Khusus untuk pengguna blogger wordprees atau self host jenis website lainya gunakan struktur url yang sederhana. 

Cukup menampilkan url nama domain dan ditambah dengan judul positngan saja itu lebih seo bila dibandingkan permalink yang menunjukan page, tgl, atau bulan.

Contonh :
  1. https: basith.id/konsep-dasar-seo 
  2. https: basith.id/2020/07/konsep-dasar-seo

Untuk contoh URL permalink postingan yang baik untuk seo adalah nomer 1 yang tanpa menyebutkan tanggal dan tahun.

Bila anda seorang blogger yang menggunakan platform blogspot, sudah pasti menggunakan permalink yang nomer 2 itu tidak ada masalah juga sih sebenarnya.

Asalkan permalink yang dibuat tidak terlalu panjang dan pastikan juga fokus pada keyword utama postingan. lihat contoh di atas nomer 2.

URL Link di bagi menjadi 2 bagian.
  1. Link DoFollow 
  2. Link NoFollow 

Penggunaan SSL 

SEO algoritma google juga akan mempertimbangkan website yang menggunakan ssl atau tidak.

Jika anda sudah atau berencana untuk membeli domain di layanan penyedia host di indonesia biasanya tuh kan ada tulisan free SSL.

Yang artinya, domain yang akan kamu beli akan mendapatkan SSL yang berfungsi untuk meng-encripsi sambungan internet yang aman untuk pengguna.

Untuk memudahkan website indentifikasi website yang menggunakan SSL atau tidak kamu bisa langsung cek menggunakan gadget yang digunakan.

Lihat pada bagian bar URL link blog tersebut, jika terdapat icon gembok pada bagian awal url itu merupakan website yang menggunakan ssl.
Blog dengan SSL 

Sedangkan website yang tidak menggunakan SSL akan ada logo tanda seru di depan url postingan yang dibuat.
Blog tanpa SSL 

Walau masih ada banyak kasus website di tahun 2020 yang belum menggunakan SSL percaya atau tidak akan ada banyak pengunjung website anda yang merasakan hawatir tentang keamanan saat mengujungi website anda.

Untuk studi kasus di atas merupakan website panduanim.com yang masih belum menggunakan ssl. 

karena memang banyak pertimabangan untuk website yang sudah tumbuh besar untuk berpindah dari non ssl menjadi ssl.

Salah satu masalah terbesarnya saat anda mencoba menggunakan ssl adalah harus menambahkan add site baru pada webmaster tools.

dari url yang awalanya > http://panduanim.com menjadi -> htpps://panduanim.com

Yang artinya, google membutuhkan waktu kembali untuk mengcrwal semua postingan yang pernah anda buat. Besar kemungkinan visitor blog akan turun darastis.

Untuk selengkapnya mungkin kami akan menjelaskan di tutor selanjutnya. 

SEO Konten

Konsep seo google yang nomer 3 ini ada pada bagian pemilihan topik website yang sudah anda buat. Buatlah topik yang saling berkaitan pada bagian kategori, dan juga pada bagian postignan.

Contoh : Topik kategori utama website atalah blog.
anda bisa memasukan kategori pada bagian header seperti 
  1. Blogging 
  2. SEO 
  3. Digital Marketting 

Contoh untuk topik postingan : dari yang awalanya membuat postingan tentang cara membuat blog > buat postingan selanjutnya cara merubah tampilan blog > cara optimasi blog > optimasi seo berdasarkan algorima google dan seterusnya.

Jadi antara topik postingan, dengan topik yang dibuat pada bagian kategori semua berisi konten yang berkaitan. 

Dengan cara seperti itu akan memudahkan google untuk memahami struktur blog yang anda bagun yang akan menajdikanya lebih seo di banding website acak-acakan yang membahas niche gado-gado.

Semakin banyak konten yang berkaitan akan semakin baik tulisan yang sudah anda buat di hadapan para pembaca dan juga mesin pencari.

SEO Search Intent

Serch inten pada SEO menjadi penentu untuk google akan memprioritaskan sebuah website.

Kita ambil pada contoh kasus ada orang yang mencari informasi di google dengan kata kunci sebagai berikut:
  1. Macbook Pro 
  2. Beli Laptop Macbook Pro 
  3. Macbook Pro dibawah harga 10 juta
Coba anda perhatikan pada 2 judul di atas. 
Lalu anda banyangin kira-kira orang yang mengetikan kata seperti itu di google membutuhkan apa?
Sekarang akan kaami bantu untuk memancing pemikiran anda dalam membuat search intent pada postingan nantinya.

1. Macbook Pro

Seseorang yang mengetikan kata kunci "Macbook Pro" adalah orang yang ingin mengunjungi website resmi apple macbook pro.

dan google faham dengan apa yang di inginkan oleh pengguna internet tersbut. sehingga google akan menampilkan website resmi macbook pro pada bagian atas pencarian. 

Hasil mesin pencari 

Beli Laptop Macbook Pro 

Ingin membeli lapotop macbook pro > sehingga google akan menampilkan postingan website yang menjualnya.
Gambar contoh 

3. Macbook Pro dibawah 10 juta 

pengguna membutuhkan rekomendasi daftar harga macbook pro dibawh harga 10 juta yang terbaik 
Hasil Pencarian 

Berikut cara kerja google dalam menampilkan beberapa website yang ada dihalaman page one.
  1. "Macbook pro" Pengguna membutuhkan informasi resmi dari produk apple.
  2. "Beli Laptop Macbook Pro " Pengguna ingin membeli lapotop.
  3. "Macbook Pro dibawah 10 juta" Pengguna mencari artikel rekomendasi.

SEO Struktur

Konsep Dasar SEO Setelah memahami seach intent buatlah postingan dengan struktur konten yang akan memudahkan pengguna untuk dapat memahami dari seluruh tulisan anda.

Sehingga pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari di dalam postingan yang dibuat. 

Untuk membuat konten yang tresetruktur itu cukup mudah. 

Anda bisa menggunakan tag heading pada blog untuk memisahkan atara bab pembahsan di dalamnya.

Contoh : 
  1. Heading 1 - Laptop macbook dibawah 10 juta
  2. Heading 2 - Laptop macbook pro 
  3. Heading 3 - Laptop macbook air 
  4. Heading 4 - Spesifikasi macbook 

Tambahkan juga foto pendukung ataupun video padabagian poin-poin penting heding.

SEO Meta Tag

Meta tag judul : yang akan memberikan informasi tetang keseluruhan konten anda.

Yang kedua ada meta tag deskripsi : yang berfungsi untuk memudahkan google dalam menampilkan cuplikan rangkuman dari tulisan anda di mesin pencari 

Yang ketiga ada meta tag : yang akan memudahkan google dalam menemukan konten seuai dengan kategori. 

7. Optimasi SEO On Page

Optimasi on page adalah segala aktivitas yang dilakukan pada website atau blog yang bertujuan untuk melengkapi seluruh bagian website.

Secara garis besar implamentasi dari on page adalah memudahkan google untuk menemukan konten yang releven dari blog atau website yang sudah teroptimasi dengan konten-konten yang didukung dengan kelengkapannya.


SEO Backlink

Backlink atau jika diartikan kedalam bahasa indonesia merupakan link yang kembali atuapun link yang masuk.

Baclink juga menjadi faktor utama dari seo. 

Semakin banyak backlink yang anda peroleh akan membuat google menjadi yakin bahwa website/blog anda memiliki kredibilitas tinggi dikarenakan menjadi patokan atau referensi blog yang lainya. 

Namun tidak semua backlink itu baik untuk website/blog, melainkan juga ada backlink yang justru buruk untuk seo.

Kecepatan Website/Blog

Konsep Dasar SEO, Pengertian, Cara Kerja dan Contoh SEO
Kecepatan Website/Blog

Salah satu website atau blog mudah turun dari page one dikarenakan kecepatan dari web/blog tersebut.

Mengapa google dapat dengan mudah menurunkan dari peringkat utama mesin pencari jika web/blog memiliki kinerja lambat dalam membukan konten?

Karena google dapat menganalisa dari bounce rate atau pentalan dari pengguna.

untuk contohnya: 

anda membuat postingan dengan panjang 1.000 kata. Pada umunya untuk manusia membutuhkan waktu 5 menit untuk dapat membaca seluruh konten.

Tapi ternyata pengguna keluar dari blog anda dalam waktu 7 detik dikarenakan website/blog yang anda punya lelet sehingga google menggap konten yang sudah anda buat tidak berkualitas dikarenakan pengguna tidak sampai 5 menit ketika membuka konten tersebut.
Baca Juga : Kriteria Blog disukai Google

Itulah 9 Konsep Dasar SEO yang harus anda optimasi untuk dapat membangun blog/website anda menjadi seo dan mudah ditemuakan di mesin pencari.